Wednesday, August 5, 2009

Mari ber-SMS di Jalan Raya dan Selamat Tiba di Rumah Sakit

Semenjak alat telekomunikasi yang bernama handphone ini menjamur, semenjak boomingnya pengguna kendaraan bermotor di tanah air, Bali pada khususnya. Maka gak aneh tiap saat kita liat orang - orang asyik ber-sms dan ber-telepone ria saat mengemudikan kendaraannya, baik motor atau mobil di jalanan Denpasar dan sekitarnya.

Herannya kalau lagi dijalan nih, ane lebih sering memergoki cewe yang bermain HP diatas motornya ketimbang cowo. Malah pernah ane liat, mungkin saking cintanya ber-sms tuh cewe, saat sms, hpnya dicharge langsung ke motor...mantab!!! ya ane cuman bisa geleng2 kepala sambil ngebel 2x

Padahal menurut studi yang dilakukakan oleh Virginia Tech Transportation Institute (VTTI), mengetik atau membaca sms saat berkendara bakal 23 kali lebih besar resikonya mengalami atau hampir mengalami kecelakaan. Tuh bayangkan!!

Mengapa demikian?
Ya iyalah, saat membaca atau mengetik, maka mata gak bakal konsen menatap depan. mata tidak akan sempurna melihat obyek yang ada di depan kendaraan. Menurut yang ane baca, saat menulis pesan, maka akan mengalihkan mata keluar dari jalan (ini termasuk mata jelalatan gak ya?xixixi) dengan durasi mencapai 4,6 detik dari rentang interval 6 detik. Jadi (sesuai yg ane baca-hasil studi VTTI) ini sama dengan kita berkendara dengan kecepatan 88,5kpj, menyusuri jalan sejauh 100 meter tanpa MELIHAT KE JALAN!!!! don't try bro.....!!!

Nah, saat ini yang ane denger dari desas-desus ilalang yg bergoyang, dewan yg duduk manis di Senayan sono sedang menggodok peraturan pemerintah tentang larangan ber-sms saat berkendara. Ya semoga kabar burung kutilang ini bener adanya n cepet segera direalisasikan.

Trus gimana solusinya?
ya jaga mata agar tetep fokus mengarah kedepan! kalau denger suara hp bunyi, segera minggir, matikan mesin motor baru jawab. Atau mo ikutin cara ane? cuekin ajah bunyi HP yang meraung2 n geter2 bikin geli paha..buka nanti ajah pas dah nyampe tujuan...wokeh?!!

Ganti motor sampeyan jadi motor batangan alias motor laki...tanya kenapa?? pan motor laki semua ber-KOPLING, jadi gimana mo megang handphone kalo tangan kiri sibuk mencet handle kopling..bener gak?

Trus pesen ane buat para wanita ratu sms, sayangi dengkul anda! kan gak enak diliat punya paha mulus n licin kayak marmer Besole jadi item2 bekas borok gara2 sms ria ma selingkuhan sambil ngebut..."mending sms-an ma ane sambil makan di cangkringan...aman dan nyaman...dab!!"

No comments: