Wednesday, August 19, 2009

Jawaban doa seorang hamba

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ


Coba simak surat Al Baqarah, ayat ke 186 dibawah ini;

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ‌ۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ‌ۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِى وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِى لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ


Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. 2:186)

Merujuk dari ayat diatas, Allah pasti akan mengabulkan setiap doa hamba yg meminta kepada-NYA. Namun sering kali kita manusia ini merasa doa kita tidak pernah dikabulkan oleh NYA...jangankan dikabulkan, mungkin ada yang merasa didengerkan saja tidak. Hal ini terjadi sebenarnya dikarenakan keterbatasan manusia dalam memaknai sebuah doa.

Allah itu Maha Mendengar, mustahil Dia tidak mendengar doa2 hamba-NYA yg menuju ke langit ketujuh.
Allah itu Maha Melihat, mustahil Dia tidak melihat isi hati hamba-NYA yg memunajatkan doa dgn sungguh2.
Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang, mustahil Dia cuekin hamba-NYA yg berdoa dgn khusyuk, mustahil Dia memalingkan wajah-NYA saat seorang hamba berurai air mata memohon pada-NYA...

Bagaimana cara Tuhan menjawab doa?
Dengan cara-NYA DIa mengabukan doa seorang hamba, bukan dengan cara seorang hamba yang notebane memiliki keterbatasan. Seorang anak kecil
yang baru duduk dikelas 2 SD merengek minta dibeliin sepeda motor Harley kepada orang tuanya yang konglomerat, tiada mungkin orang tua yang baik akan meloloskan permintaan tersebut. Orang tua yg bijaksana akan mengalihkan permintaan sang anak dengan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan seorang anak kecil, semisal sepeda gayung, atau motorcross kapasitas 50cc dll.

Demikian kurang lebih cara Tuhan menjawab dan mengabulkan doa setiap hamba-NYA. Sangat mustahil Tuhan akan mengabulkan doa dimana sesuatu yang diminta oleh hamba tersebut tiada sesuai dengan kemampuannya, tidak cocok dengan kebutuhannya dan bukanlah yang terbaik untuknya.


Allah akan mengabulkan doa seorang hamba dengan sesuatu yg sesuai dengan kondisi terkini, yang paling cocok dan yang terbaik untuk hamba-NYA. Kalau kita semua memahami hal tersebut, maka kita bukan lagi seperti anak kecil yang memaksa segala kemauannya, bukan lagi menjadi hamba yang egois yang selalu berburuk sangka kepada Tuhannya. Tapi kita akan menjadi insan2 yang dewasa dalam beragama, dalam kehidupan dan lebih bijaksana dalam memaknai segala hikmah yang terjadi pada diri ini.

Tuhan pasti mengabulkan doa kita kok...jangan lupa barengin dengan usaha dan kesabaran...semangat bro!!

Wassalam,

No comments: