Tuesday, July 28, 2009

Tentang Zakat & Potensinya

Dalam Quran ditulis bahwa....

وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ
Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.
(Al Baqarah 2 : 43)

Banyak ayat di dalam Quran, mengkaitkan antara sholat dan zakat. Dari situ sudah bisa kita nilai bersama betapa pentingnya kedudukan zakat di dalam Islam.

Zakat, zakat adalah salah satu solusi jitu untuk mengentaskan rakyat dari lembah kemiskinan. Zakat mempunyai potensi yang sangat besar untuk kemasyalatan umat, kesejahteraan rakyat bila mampu digali secara optimal. Dalam Islam sendiri ada beberapa macam zakat, salah satunya adalah zakat pendapatan atau penghasilan. dan dalam tulisan ini ane hanya ingin mengulas mengenai zakat penghasilan saja.

Zakat penghasilan sendiri ada beberapa kalangan yang menganggap bid'ah atau hal baru dalam agama. Namun lepas dari hal tersebut, ane tidak ingin memperpanjang masalah tersebut karena ada hal yang lebih penting, yaitu potensi zakat penghasilan itu sendiri. "pastinya, kalo ngebahas bid'ah melulu kapan mau majunya umat ini..ya gak kun?!...oh my kun..."

Islam adalah agama mayoritas di Indonesia, dengan penganut sekitar 87% atau 185 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 212 juta jiwa. Nah dari data diatas, andaikan 50% dari penduduk yang beragama Islam di Indonesia adalah orang2 berpenghasilan mampu (penghasilan bersih diatas 1.5juta), maka akan didapati skenario seperti ini:

Andai dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas muslim dengan pendapatan bersih minimal 1.5 jt/bulan, maka 2.5% dari 1.5 jt (Rp 1.500.000 X 2.5%) adalah Rp37.500. -----------> Rp 37.500 X 92.500.000 (50% dari total pemeluk islam) = Rp 3.468.750.000.000........wuiiihhhh NOL nya banyak!!!!!!
....subhanallah...3.4 trilyun / bulan..DAHSYAT!!!

Bayangkan!!! tiap bulan akan terkumpul 3,4 trilyun rupiah dari zakat penghasilan
saja. Dengan jumlah segitu ane bisa beli BMW S 1000 RR yang satu ekornya seharga $13.800 atau sekitar 138juta($1 = Rp 10.050) sebanyak 25.011 ekor!!! BAYANGKAN 25.011...wuiihh bisa buat balapan satu kampung...jiakaakaka..uppsss..kembali ke topik semula!!!

Itu kalau dibelikan motor superbike, coba kalau buat membangun tempat pendidikan, beasiswa, lapangan pekerjaan baru, koperasi simpan pinjam, perumahan yang nyaman...bisa semua terwujud!! gak ada yang namanya pengemis, gak ada kolong jembatan jadiin rumah, gak ada namanya gelandangan, gak ada pengangguran...dan harusnya semua itu bisa terwujud...asal....

Asalkan orang2 yang mempunyai penghasilan cukup, yang memiliki kekayaan hati, orang2 muslim yang dermawan, mau dan mampu menyisihkan penghasilannya dan diserahkan kepada satu lembaga zakat yang terpercaya...insya Allah tiada lagi kemiskinan yang menimpa rakyat bangsa ini. Dengan catatan hasil pengumpulan zakat itu dikelola secara jujur, transparan, profesional dan berhasil guna.....amiiinn.

Image ngambil disini:
http://www.greenoptimistic.com/
http://www.autoblog.com/

1 comment:

Anonymous said...

test